Seberapa Bergunakah Mobile Hotspot pada Smartphone?


fungsi mobile hotspot, kegunaan mobile hotspot



Di jaman serba digital ini hampir segala sesuatu dapat dilakukan secara online. Supaya tidak ketinggalan, kita harus sewaktu-waktu siap memiliki akses ke internet. Akan tetapi, meski saat ini banyak tempat publik sudah dilengkapi fasilitas Wi-Fi, masih banyak lokasi di Indonesia yang tidak memberikan layanan ini secara gratis, sehingga tidak memungkinkan untuk sekedar mengandalkan Wi-Fi publik untuk koneksi internet setiap saat.



Pilihan lain tentunya dengan koneksi internet menggunakan smartphone. Hampir semua situs web saat ini menyediakan tampilan mobile, sehingga dapat diakses melalui smartphone dengan mudah dan murah dengan hanya mengandalkan koneksi data yang disuplai penyedia jaringan seluler. Meski demikian, smartphone paling canggih pun tetap memiliki fungsi terbatas, dan ada kalanya kita butuh menggunakan laptop yang terhubung ke internet. Jika mengalami hal ini dan tidak ada koneksi lain yang tersedia, menggunakan smartphone sebagai mobile hotspot dapat menjadi pilihan yang patut dicoba.



Smartphone memiliki kemampuan untuk tethering, yaitu berfungsi sebagai modem untuk alat lain seperti laptop atau tablet. Seperti alat mobile hotspot lainnya, smartphone dapat melakukan koneksi ke jaringan data seluler dan kemudian memungkinkan akses internet dari alat-alat penerima yang berdekatan. Dengan cara ini, kita dapat mengakses internet dengan hanya berbekal smartphone tanpa tambahan alat lain maupun mengandalkan hospot Wi-Fi publik. Smartphone dapat disambungkan dengan alat lain seperti laptop untuk tethering dengan kabel USB, Bluetooth atau yang sedang makin popular saat ini adalah dengan difungsikan sebagai router Wi-Fi.



Mengapa pilih tethering Wi-Fi? Simpel saja, menggunakan Wi-Fi lebih nyaman karena fitur Wi-Fi tersedia di hampir semua laptop dan tablet, dan dapat digunakan untuk lebih dari satu pengguna. Untuk menjadi mobile hotspot, smartphone harus dilengkapi dengan chip Wi-Fi built-in, namun kebanyakan smartphone sudah dilengkapi chip tersebut dan hanya butuh software tambahan untuk membuatnya berfungsi sebagai mobile hotspot. Saat ini cukup banyak smartphone yang sudah dilengkapi dengan fasilitas mobile hotspot ini, tinggal pilih mulai dari iPhone, BlackBerry, hingga berbagai smartphone android. Untuk memperoleh smartphone dengan mobile hotspot ini juga tidak perlu membobol kantong. Seri budget phone dari BlackBerry terbaru yang meliputi BlackBerry 9220, 9310 dan 9320 dibanderol dengan harga sekitar 2.5 juta, jauh lebih murah dibanding harga Blackberry Onyx pendahulunya menurut daftar harga BlackBerry di situs resmi RIM. Fitur mobile hotspot dapat diaktifkan dengan mudah dan dapat menyuplai koneksi internet untuk 5-8 pengguna.



Lalu apa kekurangannya? Seperti disebut di atas, mobile hotspot dengan smartphone dapat memberikan akses internet ke beberapa pengguna sekaligus. Dengan kata lain, koneksi data akan terbagi dan kecepatannya akan makin menurun dengan bertambahnya jumlah pengguna. Seperti hotspot Wi-Fi umumnya, jarak yang efektif untuk akses internet mencapai kurang lebih 30 meter, tapi kuatnya sinyal akan berkurang jika jarak dengan pusat mobile hotspot makin jauh. Selain itu, meski kebanyakan smartphone 4G memungkinkan penggunanya untuk memakai fitur mobile hotspot tanpa perlu menghambat aktivitas smartphone lain, beberapa smartphone masih tidak bisa digunakan untuk telpon selama menjadi mobile hotspot.



Kalau kamu masih merasa mobile hotspot adalah pilihan yang paling tepat buat kamu, hal terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah tarif koneksi internet. Untuk biaya dari koneksi lewat Wi-Fi hotspot ini tergantung dari masing-masing penyedia jaringan seluler serta paket data yang dipilih. Jika smartphone sering digunakan sebagai mobile hotspot, memilih paket data unlimited mungkin merupakan pilihan paling ekonomis. Sebaliknya, jika penggunaan mobile hotspot terbatas, paket berbasis volume dapat menjadi alternatif yang lebih cocok.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter