Ketika teknologi sebuah ponsel bisa menembus tembok, apa saja yang bisa dilakukannya?

Kian hari, peran telepon genggam (Ponsel) semakin vital di berbagai bidang kehidupan. Baru-baru ini, sebuah penemuan baru secara mengejutkan kedepannya ponsel akan bisa ikut ambil bagian di dunia medis, bagaimana bisa?



Para ilmuwan di University of Texas, Dallas, Amerika Serikat (AS) merancang sebuah chip yang bisa mengubah ponsel menjadi pemindai X-ray. Seperti dalam cerita superhero, ponsel ini bisa melihat 'tembus' tembok atau objek lainnya. Mereka menemukan cara memanfaatkan spektrum elektromagnetik terahertz, yang berada di antara rentan gelombang yang biasa digunakan untuk microwave dan infrared yang tidak bisa digunakan

bagi sebagian besar konsumen pengguna perangkat.



handphone nokia terbaru, teknologi telepon genggam, gambar hp nokia terbaru



Menggunakan pendekatan mereka, gambar atau citra bisa diciptakan dengan sinyal yang beroperasi dalam rentang terahertz, tanpa perlu sejumlah lensa di dalam perangkat. "Kami menciptakan pendekatan yang memungkinkan penggunaan spektrum elektromagnetik bagi konsumen dan aplikasi medis.



Mewujudkan ponsel berfungsi ganda sebagai pemindai X-ray tampaknya memerlukan desain yang cermat. Tim yang merancang temuan ini berhubungan dengan dua ilmu sains tingkat lanjut, yang pertama menangani spektrum elektromagnetik dan yang lainnya mengembangkan teknologi mikrochip. Untuk diketahui, terahertz juga bisa digunakan untuk

pemindaian mendeteksi kanker, tumor, mendiagnosa penyakit melalui analisa nafas dan memonitor tingkat racun di udara.



Dengan begitu, bukan tidak mungkin, ponsel Anda nantinya akan bisa berfungsi sebagai alat medis.

Namun tim peneliti mengatakan masih akan mengembangkannya dan belum bisa menyebutkan kapan hasil temuan mereka tersedia secara komersial.



via | kompas

Related Posts

Subscribe Our Newsletter