Tips memilih dan membeli laptop/notebook - pertimbangan apa saja sebelum memiliki laptop?

Tips memilih dan membeli laptop notebook, pilihkah laptop sesuai kebutuhan




Laptop merupakan peralatan ampuh untuk membuat kerjaan makin efektif dan efisien. Berbisnis barangkali cukup dilakukan dengan piranti satu ini dan transaksi pun berjalan dari seluruh belahan bumi. Kesesuaian laptop/notebook dengan kebutuhan kerja mutlak menjadi pertimbangan.





Harga

Kenapa saya menempatkan harga sebagai prioritas utama untuk membeli sebuah laptop? Ya, tentu anda para pembaca tidak semuanya berasal dari golongan 'berada' yang tinggal gesek kartu kredit lantas barang yang diinginkan bisa langsung dibawa pulang. maka dari itu kisaran harga menjadi kriteria yang penting untuk membeli sebuah laptop, setelah itu baru anda bisa memilih merk, model atau fitur sesuai kriteria yang akan dibahas selanjutnya....



Prosesor



Tips memilih dan membeli laptop notebook, gambar prosesor intel core terbaru



Pilihlah prosesor yang tepat dengan kebutuhan. Semakin handal prosesornya akan menghasilkan kinerja yang semakin bagus. Saat ini banyak prosesor yang dirancang untuk bekerja optimal pada sebuah laptop. Bahkan, melebihi kinerja prosesor yang tertanam di komputer dekstop (PC).





Kapasitas Harddisk



Tips memilih dan membeli laptop notebook, gambar harddisk laptop



Untuk kebutuhan aplikasi office, kapasitas 40GB mungkin sudah mencukupi. Namun, untuk keperluan penyimpanan data yang sangat besar, beberapa jenis laptop menawarkan kapasitas standar 80 - 120 GB. Jika anda banyak menggunakan laptop untuk aplikasi yang berat, seperti video editing, sebaiknya pilih harddisk yang berkecepatan tinggi, 7200 rpm.





Port Koneksi



Tips memilih dan membeli laptop notebook, gambar port koneksi USB pada laptop



Semakin banyak kebutuhan kerja anda dengan laptop, sebaiknya port koneksi yang tersedia dalam laptop semakin banyak. Port USB 2.0 sudah menjadi koneksi standar untuk menggabungkan printer, webcam, scanner, mouse dan sebagainya.



Fasilitas FireWire agaknya menjanjikan kecepatan transfer data tinggi. Ini bermanfaat untuk mentransfer file-file berukuran jumbo seperti image dan video dari kamera digital, atau camcorder.





Multimedia



Tips memilih dan membeli laptop notebook, multimedia player



Untuk selingan bekerja, hiburan tetap diburuhkan, bila perlu pilihlah laptop dengan fasilitas menarik, seperti playback CD, DVD dan TV yang memungkinkan anda menukmati hiburan dari media tersebut tanpa harus mengaktifkan Windows. Untuk mendukung fasilitas tersebut, beberapa jenis laptop teleh menyertakan speaker dengan subwoofer berkualitas tinggi.



Untuk memperoleh penampilan video atau grafis yang baik, anda bisa memilih laptop yang menggunakan kartu grafis terpisah. Anda juga dapat menikmati tampilan film yang lebih menyenangkan pada beberapa model laptop yang mendukung layar wide screen.



Demikian tips memilih laptop/notebook yang baik dan tentu saja sesuai dengan kebutuhan. So, jangan salah pilih ya!



Via: kompas

Related Posts

Subscribe Our Newsletter