Akankah Apple iPod akan ditinggalkan pecinta multimedia player?

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, seringkali produk yang lama semakin ketinggalan jaman dan akhirnya ditinggalkan, malah terkadang peluncuran produk terbaru bisa mengikis harga penjualan produk sebelumnya. Seperti yang dialami oleh Apple dengan iPhonenya. Begitu iPhone generasi baru diluncurkan maka pemangkasan harga pada iPhone lama pasti dilakukan. Tak terkecuali produk multimedianya sekelas iPod. Penjualan iPod Touch sangat lesu, disisi lain penjualan iPad bak kedapatan durian runtuh.



iPod nano akan discontinued, kelemahan Apple iPod, iPod classic produk gagal



Disaat penjualan iPad naik 183% dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu, penjualan iPod (seluruh model) malah turun 20% menjadi hanya 7.54 juta unit saja yang terjual. iPod memang pada awalnya merupakan pemutar musik paling favorit, sekarang iPod Touch yang merupakan seri tercanggih iPod telah menjadi alternatif dari iPhone, yang kebanyakan memiliki fungsi serupa selain dukungan telekomunikasi 3G.



Meski begitu Apple sepertinya masih belum lupa akan produk iPod originalnya dengan mempertahankan iPod Classic serta iPod kecilnya yang mudah dibawa kemana-mana dengan iPod Nano.



Tentu saja masih terlalu awal bagi Apple untuk menghentikan produksi iPod secara keseluruhan, biar bagaimanapun 7.5 juta unit dalam 1 kuartal masih tergolong baik. Masih ada 2 opsi yang bisa dilakukan Apple untuk mengoptimalkan lini produk iPodnya, antara lain:

Matikan produksi iPod Classic yang sudah tidak jaman, atau matikan produksi iPod kecil yang memiliki pasar sangat sedikit . Siapa yang butuh media player yang hanya mampu memutar mp3 lagi di jaman sekarang, saya pribadi malas memutar video atau membuka gambar di layar sekecil iPod Nano, mungkin ini salah satu kelemahan yang menjadikan pemutar media favorit ini mulai ditinggalkan. Bagaimana menurut anda??



sumber

Related Posts

Subscribe Our Newsletter